Kulineran Khas Tegal Yang Wajib Dicoba

Tegal, salah satu kota di provinsi Jawa Tengah yang sudah dua kali saya kunjungi tanpa rencana. Yang pertama hanya lewat, karna pas mudik lebaran tahun 2023 saya dan suami menggunakan sepeda motor ke kota Demak, jadi otomatis lewat Tegal dan sempat istirahat sambil jajan di pasar malam alun-alun Tegal. Rasanya itu jadi moment pertama kali jatuh cinta dengan kota ini. 

15 Juli 2023, tidak menyangka kaki ini bisa menginjak kota Tegal lagi. Kali ini naik Kereta ke stasiun Tegal, dalam rangka menghadiri pernikahan. Namun, adanya tulisan ini ingin pamer kulineran yang aku coba selama di Tegal, 2hari 1malam (hahahaha Pamerrrr). 
Jalan-jalan tanpa kulineran rasanya belum sah, biasanya sebelum jalan ke kota tujuan saya browsing dulu apa aja makanan yang harus dicoba pas di kota tersebut. Tapi kali ini ada teman yang biasa mudik ke Tegal kirim DM di Instagram kasih list kulineran wajib di Tegal dan semua yang di recommend, I approve. 

KLEPON LEGEND
Kuliner pertama di Tegal yang saya coba di hari Sabtu siang, setelah pulang dari kondangan adalah Klepon Ezri. Berlokasi di Jalan Gajah Mada no.122 patokannya Gajah Mada Cinema, penjual klepon ini pas depan gedung bioskop itu. 
Sempat kebablasan pak suami mengendarai motor nya, karna gak ada plang atau tanda apapun kalo disitu ada yang jual klepon enakkk. Pokoknya kalo kamu mau kesini, udah saya info titik patokannya biar langsung ketemu. 
Baru kali ini saya beli klepon dan antri sejaman hahahaha, tapi senang aja karna bisa sambil lihat si Ibu penjual klepon masak secara langsung, dari adonan sebelum dibuletin-pas dibuletin-sampai direbus-balurin kelapa, kita pembeli bisa lihat langsung. 

Saya beli 3 bungkus Klepon, harganya sebungkus 9.000 isi 10 klepon. Rela banget harus nunggu sejaman demi bisa icip langsung klepon legend di Tegal ini. 
Bukan maksud lebay tapi ini fakta, karna saya kira juga akan sama aja dengan rasa klepon yang ada. Apalagi pas saya baru makan lagi tuh klepon jam 22:00 di hotel, rasanya tetep seenak klepon panas pas makan di lokasi siang hari. Kelapa kukus dipadukan dengan lumernya gula merah saat klepon digigit, nikmat banget, suer!. 


SATE KAMBING CEMPE NENG LIA
Sini-sini kumpul penggemar sate kambing, kudu serta haruslah ke kota Tegal. Sepanjang jalur yang saya lewati selama di Kota Tegal pasti ada spanduk dagangan Sate Kambing. Ada satu tempat recommend Paula, temenku yang sering mudik ke Tegal yaitu Sate Kambing Sari Cempe Neng Sari. 

Berhubung booking penginapan tanpa sarapan, jadi tadi pagi sarapan langsung makan sate Kambing dongg hahaha. Walaupun sebelumnya udah minum kopi, teh dan cemilan manis buat sarapan hehehe. 

Sate Kambing Cempe Neng Lia sudah sangat hitz di Tegal, terbukti banyak banget bingkai poto orang-orang terkenal yang makan di tempat sate Kambing neng lia dari artis Mbak Rossa sampai penganten baru Mas Kaesang. 
Untuk harga , saya pesen yang Sate Kambing campur lemak seporsi + nasi 1 + teh tawar hangat 2 jadi totalnya 67.000.

Menurut saya yaaahh, sate Kambing nya sama aja tapiii bumbu kecap dan sambel nya yang istimewah. Pas lagi makan, hati saya berkata  "gue akan balik lagi kesini".

KUE TEMPEL KHAS TEGAL
Minggu , 16 Juli pagi setelah CFD di alun-alun Tegal saya dan suami lanjut motoran ke sekitaran Klenteng yang lagi banyak stand makanan yang dijual karna lagi ada event gitu tapi sayangnya kita kepagian, jadi masih banyak tenda yang belum buka hanya ada tulisan doang jualan apa aja. 
Emang dasarnya saya doyan makan yak, kecium aja makanan yang lagi dimasak yaitu Kue Tempel dan Pisang Bakar. 
Bahas Pisang Bakar nya dulu yaa, ini pisang kepok yang di Bakar pake areng gitu trus di penyet kasar lalu taburin gula halus sama gula merah yang kental banget. saya lupa tanya itu putih gula halus apa bukan, karna tekstur sih gula halus tapi rasanya tawar pas dicampur sm gula merah/aren yang kental jadi pas banget. 

Duhhh sekarang kita bahas primadona kulineran Tegal versi Endah Marina,  yuhuuuu perkenalkan ini KUE TEMPEL. tolongggggggg, saya ketagihan😭. 
Awal ngeliat si Ibu penjual masak ini, sempet binggung itu apaan kerak gitu pakai pisang. Ehh gak taunya malah sukaa pake bangett. Harga 7.000 langsung beli 5 niatnya bukan ngemil di kereta, tapii pas sampe hotel langsung dicemilin sampe habiss dan sekarnag lagi di kereta arah balik ke Jakarta kepengen lagiii kue tempel  hiks hiks hiks. 
Heyyy kue tempel, tunggu saya kembali ke Tegal yaa. 

NASI LENGKO 

"Mbak Endahh, jangan lupa cobain Nasi Lengko"
Begitulah isi chat Paula yang masuk siang tadi pas mau jalan ke stasiun Tegal untuk pulang ke Jakarta. 
"Warung Bu Tuti Toyo aja mbak, dekat stasiun kok. Nasi Lengko nya enak, mbak"
Balesan chat Paula, setelah ku info kalo kereta ku jam 1an siang. 

Ternyata betul dong,sekitar dua menit sudah sampe dk warung bu Tuti dari stasiun. Tanpa babibu lagi langsung pesan nasi lengko. 
Sepiring nasi putih ditemenin sama tahu goreng serta toge dan kerupuk kuning disiram kuah kacang dan kecap. Serupa bumbu kacang gado-gado tapi ini rasanya lebih lembut. Warung Bu Tuti masih banyak yang dijual, namun apa daya waktu nya gak bisa buat coba menu lain. Gak kepikiran ngebungkus juga karna mengejar jadwal kereta dan keburu janji mau balikin motor yang disewa selama di Tegal. 

Masih banyak sebenernya yang mau dibahas soal Tegal, seperti rental motor di Tegal. Nantilah ya dibahas kembali, sekalian penginapan murah di Tegal yang selangkah doang ke alun-alun Tegal. 

Akhir kata terima kasih Paula info kulinernya, terimakasih Apri undangan pernikahannya di Tegal dan Terima kasih kota Tegal. 


Komentar