Pelatihan Blog Untuk Pemula Bersama KUBBU

Haii haii haii gaess, Iam Back..

Apa kabar kamu??
iyaa kamuu, iyaa kamuu, iyaa iyaa kamu bagaimana kabarnya??
Sehat wal'afiat semuanya yaaa, aamiin..

Setelah sudah lama banget gak ngeblog lagi, ada kali ya seribu purnama gak update tulisan yang baru (lebay mode on). Hari ini aku hadir dengan semangat ngeblog yang membara, yes semangatt buat ngeBLOG akhirnya muncul lagiii gaesss hohohohoho..

Minggu, 14 Juli 2019 bertempat di Perpustakan Umum Daerah DKI Jakarta yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki, aku ikut Workshop yang di adakan oleh KUBBU dengan tema
"Pelatihan Blog Untuk Pemula : Cerdas & Ngebut ala Blogger Zaman Now"

Belajar ngeblog lagi (pic : pribadi)



Oh iyaa sebelumnya mau kenalin dulu nih tentang KUBBU, ini pertama kalinya aku ikut acara KUBBU.

Bang Eka sedang memaparkan kegiatan Kubbu apa saja (pic by IG Kubbu)

Kepanjangan dari KUBBU itu adalah Klub Buku & Blogger Backpacker Jakarta, pasti sudah gak asing lagi lah bila aku sebut Backpacker Jakarta yah kan? Itulohh sebuah komunitas jalan-jalan keliling Indonesia dengan budget yang gak bikin dompet menangis secara yah kan sistemnya SC (Share Cost) gitu, aku tergabung di Backpacker Jakarta RT26. Nanti aku tulis di Blog satu judul khusus mengenai Backpacker Jakarta ya gaes, secara panjang X lebar bila kita ngomongin tentang Komunitas Backpacker Jakarta .

Baca juga : Camping Ceria Backpacker Jakarta RT26 di Loji, Bogor


Kuyy lanjut ke Pelatihan Blog lagi yesss...

Pelatihan Blog - Pemula ini terdiri dari 3 (tiga) sesion workshop nya yang mana setiap minggu nya 1 (satu) sesion. Minggu ini sesion pertama dengan materi dari Mas Febriyan Lukito, beliau salah satu Blogger Indonesia & SEO Enthusiast yang membagikan ilmunya kepada peserta pelatihan blog dari awal bagaimana cara membuat blog hingga mengisi konten blog dari nol sampai wow.

Aku bersama Mas Febri, terima kasih untuk ilmunya.. (pic : pribadi)

Pertama-tama aku dan peserta workshop pelatihan blog untuk pemula di ajarkan cara membuat blog di Platform Wordpress, kenapa harus Wordpress ??

  • Karena Wordpress, Platform ngeblog paling banyak dipakai di dunia
  • Karena Wordpress, Platform ngeblog yang ada fitur follow dan like sesama blogger

Awal aku terjun ke dunia blog beberapa tahun lalu juga awal nya memakai Platform Wordpress, lalu pindah ke Blogspot dengan blog ini www.endahmarina.net .
Saat Mas Febri memberikan ilmu tentang Wordpress, jujur sangat antusias banget akutuh dan benar-benar belajar dari nol lagi dan hasilnya jadilah blog terbaru aku dengan Platfom Wordpress.

Blog baruku hasil dari pelatihan blog bersama KUBBU



Mas Febri tanya alasan membuat Blog itu untuk apa ??
Terlintas dalam pikiranku saat itu adalah ingin punya satu blog yang khusus untuk makanan, baik hasil review tempat makan ataupun makanan hasil buatan sendiri alias masak sendiri. Terciptalah sebuah nama untuk id Blog baruku, Banyak Makan . Kalau ditanya alasannya apa dikasih nama itu, ya gampang aja sih jawabnya karena aku banyak makannya hahahhaha gak deh, tadinya mau pakai nama Doyan Makan tapi tidak bisa karna sudah ada yang pakai nama itu.


Buat BLOG itu susah gak sih ????

Pertanyaan macam ini tuh sering banget aku dapatkan dari teman-teman yang membaca tulisanku di blog, kalau di bilang gampang kesannya sombong sekali awak ini. Mau dibilang sulit ntar dibilangnya merendah saja endah mah , duhhh  jadi binggung kan hayati mau bicara apa ke netijen +62 (serasa artess akutuh, Lol !)




5 Langkah Membuat Blog :



Kamu yakin mau buat blog?? Sudah siap mau buat blog?? 5 Langkah ini cara membuat blog untuk pemula , cekidot gaes :
  1. Siapkan perangkat seperti PC ataupun Laptop dengan kouta internet untuk online (ini super penting), kemaren aku dan peserta pelatihan blog pun pada bawa Laptop dengan internet masing-masing karna sama Mas Febri langsung praktek membuat Blog.
  2. Blog kamu mau nya tentang apa?? Mas Febri bilang, sebelum kita membuat blog harus pastikan dahulu topik blog kita mau nya apa. Semakin kita fokus dengan topik di blog kita bakal semakin banyak yang mencari blog kita, sebisa mungkin jangan semua topik ada dalam blog kita gaes istilahnya jangan gado-gado lah isi blog kita (hemm jadi pengen makan gado-gado akutuh) . Isi blog kita 80% topik yang kita pilih & 20% tidak apa diluar topik.
  3. Nama blog mempengaruhi sebuah blog itu sendiri, nama blog kita harus sesuai dengan topik/kategori yang kita ambil, pakai nama pribadi sih boleh banget. Seperti yang aku infokan nama blog baru aku https://banyakmakan.food.blog karna aku pilih topik Kuliner. Sedangkan Endah Marina sudah aku pakai khusus untuk blog ini yang akan aku rapihkan jadi blog khusus Travelling seperti tagline di instagram ku #endahngetriplagi (kuy di follow my IG : @endahmarina) .
  4. Pilih Platform untuk blog kamu, sepengetahuan aku Platform Blog itu ada dua yaitu Wordpress dan Blogspot (mohon koreksi bila salah), di sesi pertama pelatihan blog bersama Kubbu, Mas Febri menjelaskan mengenai Platform Wordpress. Secara pribadi sih mau platform Blogspot ataupun Wordpress itu semua sama saja, pastinya ada plus minus dengan platform masing-masing. Setelah itu langsung daftar aja di platform yang kamu pilih, untuk Platform Wordpress kamu bisa buka langsung www.wordpress.com  ikuti semua langkah dari awal hingga sukses berhasil blog baru kamu.
  5. Setelah blog kamu jadi mulai lah menulis apa yang ingin kamu tulis sesuai dengan topik yang kamu ambil, setelah itu jangan lupa di share ke medsos kamu biar banyak yang baca tulisan kamu.

 




Setelah blog baru kita jadi, pastinya pengen dong blog kita jadi cantik??
Untuk mempercantik blog, kita bisa bermain dengan settingan yang ada dalam blog itu sendiri supaya tampilan blog kita menarik orang lain untuk datang ke rumah (blog) kita dong ya. Salah satu caranya kita bisa pilih tema yang mau kita ambil dalam blog kita, semua itu ada dalam menu settingan blog yang bisa kamu otak-atik sesuai selerah kamu mau pakai tema apa, tinggal kita main piling aja untuk mempercantik blog kita bagaimana.
 
Ukuran poto pun sangat mempengaruhi blog kita loh, jgn lupa di compres size poto nya biar tidak kebesaran saat di uploud



Masih ada 2 (dua) sesion lagi pelatihan blog bersama KUBBU yang gak bakal aku lewatkan, 
Ketua Pelaksana Pelatihan Blog-Pemula bersama Kubbu, Mas Deny Oey dalam sambutannya kemaren pagi menjabarkan kenapa ada tulisan Go-Blog dalam spanduk di depan karna Go-Blog itu adalah terdiri dari 2 kata GO & BLOG yang mana maksudnya kita langsung GO-show dalam membuat Blog alias langsung praktek dalam workshop ini.
Seperti tagline KUBBU :  3M yaitu Membaca, Menulis, Menginspirasi ..


Pic by IG Kubbu




Percaya deh sekalianya kamu ingin belajar tentang blog pasti kamu akan terus ingin belajar lebih dalam tentang blog, setelah blog kamu jadi dan ingin mempercantik tampilan blog pastinya akan banyak tanda tanya ini itu apa dan ini bagaimana. Begitupun aku, rasanya materi kemaren itu kurangg bangett, masih banyak pertanyaan yang ingin aku tanyakan mengenai blog baruku. Sambil terus baca-baca ulang dengan materi yang diberikan serta jadi rajin lagi bw ke blog-blog lain untuk belajar lagi dan lagii..


Peserta pelatihan blog pemula bersama kubbu, Sampai ketemu di sesion-2 gaessss... (pic by apri)




Selamat Menuliss......








Untuk kenal lebih dalam dengan KUBBU , bisa kamu kepoin langsung :

IG & Twitter : @kubbu-bpj





























Komentar