Lilin Terakhir Untuk Bapak

(Throwback) 10 November 2019.  

Selamat ulang tahun pak, sehat teruss, panjang umur, bahagia selalu dan bapak minta kado apa dari endah? kalimat itu semua tahun ini sudah gak bisa di ucapkan lagi dihadapan Bapak. Sedih sesedih-sedihnya, maafkan endah pak yang masih belom bisa menahan semua air mata saat mengingat Engkau. 




Masih sangat teringat jelas 4 tahun yang lalu, tanggal 10 November 2015 tepat sebelum 1(satu) bulan 10(sepuluh) hari Engkau meninggalkan kami untuk selamanya pak. Pagi itu endah emang sudah berencana bolos kerja untuk bisa memberi kejutan ulang tahun untukmu pak. 

Tanpa engkau tahu, aku sudah persiapkan masakan kesukaanmu serta kue ulang tahun dengan lilin angka 5 dan 4. Yup ini ulang tahun bapak yang ke 54 tahun dan ternyata menjadi Lilin terakhir untuk Bapak.

 

“Yaelah si Endah, Bapaknye pake disuruh tiup lilin kaya bocah ajaa dah” ucap ibuku dengan nada becanda.

 

Dan masih terekam jelas jawaban Bapak atas becandaan Ibu saat itu.

 

“Gak apa-apa bu, kan ini ulang tahun terakhir gue. Tahun depan bapak juga sudah gak tiup lilin lagi kok bu”

 

Kami yang saat itu lagi bahagia, ketawa-ketiwi merespon jawaban Bapak pun dengan becanda , apalagi ibu ku.

 

“Tahun depan endah belin kue lagi pak, tiup lilin lagi ya bu” ucapku nyengir disambung ibu ketawa ngeledekin bapak.

 

Ku lihat bapak masuk kamar, entah apa yang Beliau lakukan dikamar. Sekitar 10 menit kemudian Bapak keluar kamar dengan pakaian warna putih. Ternyata beliau ganti baju yg awalnya hanya menggunakan kaos saja.

 

“CakepKAN dipoto kalo pake baju putih ndah? Bisa buat kenang-kenangan”  ucapnya sambil duduk bersila tepat didepan kue.

 

*hening*

 

Ya Allah , air mata ini mengalir deras menginggat semua peristiwa empat tahun yang lalu yang masih sangat terekam jelas di memori setiap detiknya.

 Lilin dan baju putih menjadi sebuah kode dari bapak yang kita semua gak ada yang menduga. Senyum lebar bapak saat tiup lilin seperti anak kecil yang lagi ulang tahun di rayakan oleh orang tuanya. 

Benar-benar bapak terlihat bahagia saat itu, tapi sejujurnya aku yang paling bahagia waktu itu.

 

Pagi tadi, dengan air mata yang sudah penuh dalam mataku menemani perjalananku ke makam bapak. 

Dengan membawa seikat bunga mawar untukmu pak, doa aku panjatkan di tempat peristirahatan terakhirmu. Sesak di dada tertuang disana, rasa kangen yang sangat tinggi kepadamu pak.


Selalu merindukanmu, Pak.

 

Sejuk kurasakan diatas batu nisanmu   membuat aku merasa bapak ada disampingku, semua peristiwa yang pernah dilewati bersama bapak teringat jelas di mata ini.

Rasa penyesalan karna belum bisa menjadi anak yang jauh dari kata berbakti kepadamu muncul kembali pak. 

.........Pakk, aku Rindu...........

Lilin emang sudah tidak akan ada lagi di ulang tahunmu pak, tapi doa ibu, mas endi, endah, endri, enanda, enlita serta semua orang yang mencintaimu selalu menyertakanmu pak. 

Alfateha.... 

  

Komentar

  1. Titip doa untuk bapak yaa mbak. Semoga selalu dalam Lindungan-Nya. Aamiin

    BalasHapus
  2. Titip doa untuk bapaknya mbak
    Semoga selalu dalam Lindungan-Nya.
    Aamiin

    BalasHapus
  3. Lihat foto ultah & pemakaman rasanya kontras banget.. jadi sedih ya.. smoga almarhum bapaknya dapat tempat yg terbaik.. aamiin..

    Btw, nice sharing

    BalasHapus
  4. semoga bapak kak Endah berada di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. doa anak yg solehah pasti akan selalu tersampaikan kak. aamiin

    BalasHapus
  5. Alfathihah
    Semoga Bapak ditempatkan di tempat yang paling baik ya kakk. Terima kasih artikelnya, terima kasih sudah mengingatkan saya yang tadi sedang kesal-kesalnya sama Papa :(


    Ah cara Tuhan mengingatkan kita memang susah ditebak

    BalasHapus
  6. Al-Fatihah untuk alm bapaknya kak endah. Lilin terakhir sekaligus pertanda yang nggak bisa ditebak ya kak, kenangan yang sangat manis.
    Btw, satu keluarganya namanya hampir mirip semua kak? kompak sekali :D

    BalasHapus
  7. Lilin itu belum berakhir kak endah, dia tetap menerangi hati sepanjang hidupmu. Betapa bahagianya beliau, putri tercinta senantiasa mengenang kebersamaan dan mengirimkan doa. Al fatihah

    BalasHapus
  8. Al-Fatihah... Terima kasih udah buat saya nangis baca artikel ini Mbak. Semoga Bapak tenang di sisi Allah SWT ya Mbak. Aamiin...

    BalasHapus
  9. Al-Fatihah buat beliau yah, sayang. Insyaallah beliau bahagia telah memiliki permata secantik dirimu, bebs.
    Ultahnya barengan kaya aku yah...

    BalasHapus
  10. Masih ada lilin berikutnya khan..
    Aku jadi nangis bacanya, ingat almarhum Bapakku. Bahagianya Bapakmu punya anak gadis yang super perhatian dan sayang sama Bapaknya. Semoga Bapak selalu bahagia di sana ya. Aamiin

    BalasHapus
  11. Duhh aku jd ikut sedih. Aku tipe org yg gak perhatian, tp prnah sekali ngasih kue ultah ke bapak, ehh itu juga jd saat terakhir kalinya ngasih kue ke bapak... baca ini jadi keinget masa itu, hampir sama... semoga kita selalu bisa jadi anak yg berbakti ya mba Endah, thx for sharing...

    BalasHapus
  12. Kak Endah, kamu anak yg baik. Bapak pasti bahagia di sana. Kamu punya kenangan-kenangan indah bersama beliau sblm beliau pergi, kak. Jangan sedih ya. Btw, bapakmu kok mirip suami kamu ya. Semoga kamu dapatkan sosok ayah dalam diri suamimu ya kak.

    BalasHapus
  13. Al Fatihah buat alm.bapak.
    Kita senasib, bapak saya juga sudah wafat di usia 45 tahun pada tahun 1992. Sudah lama tapi semua memori indah tentang beliau masih tersimpan indah.

    BalasHapus
  14. Alfatihah... Buat Bapak, ku juga jadi teringat sama Bapakku yang udah pergi juga setahun lalu, semoga almarhum senantiasa bahagia disana aamiin

    BalasHapus
  15. Insha Allah husnul khotimah. Terima kasih sudah berbagi kisah. Saya pun jadi ingat dengan almarhumah Ibu saya.

    BalasHapus
  16. Ya Allah ku jadi sedih bacanya kak.. semoga papanya kak endah diberikan tempat terbaik di sisiNya. Aamiin

    BalasHapus
  17. Tegar sekali kak Endah 😊

    BalasHapus
  18. Katanya, doa doa kita untuk bapak akan selalu jadi bukti sayang kak. Cuma doa anak yang ikut abadi menolong bapak disana.

    Duh pura pura kuat banget ini kasih komentar. Selamat tahun ke empat tanpa bapak ya kak. Dari aku yang masih hitungan bulan ini. Semoga beliau tenang disna.

    BalasHapus
  19. Aku nyes bgt bacany Mbak. Semoga bapaknya Mbak endah dapat tempat terbaik di sisi Allah. Kode2nya gak ada yang ngeh ya

    BalasHapus
  20. Bacanya jadi nangis, hiks. Anak perempuan memang cenderung deket sama bapaknya ya Kak

    BalasHapus
  21. Father will always be a daughter's first love. Sedih aku nih bacanya. Sampe umur segini aja tiap aku mau keluar rumah, bapak pasti nanya "mau dianter ke depan Teh?"

    BalasHapus
  22. Father will always be a daughter's first love. Sedih aku nih bacanya. Sampe umur segini aja tiap aku mau keluar rumah, bapak pasti nanya "mau dianter ke depan Teh?"

    BalasHapus
  23. Alfatihah untuk mendiang alm bapak kak endah. Semoga dimuliakan disisi Allah SWT.
    Sedih banget aku lihat fotonya kak jadi inget alm papaku.
    Semoga sekeluarga selalu diberi kekuatan dan ketabahan.Amin

    BalasHapus
  24. aduh jd sedih bacanya...
    tetap tegar ya kak...

    BalasHapus
  25. mungkin Bapak juga tidak sadar kalau kata-kata yang diucapkan maupun perilaku yang dilakukan merupakan pertanda bahwa Bapak sebentar lagi berpulang, tapi memang sedih banget kak aku bacanya.
    Al Fatihah untuk Bapaknya kak Endah. Semoga beliau dilapangkan kuburnya ya kak. aamiin

    BalasHapus
  26. Semoga amal dan ibadahnya diterima Allah SWT yah Kak.

    BalasHapus
  27. Semoga beliau dapat yg terbaik ya.
    Beliau pasti bahagia banget punya endah

    BalasHapus
  28. Ayak sosok inspirasi saya. Cerita tentang ayah bagai cerita tentang hari setelah skrg yg tak ada hentinya

    BalasHapus
  29. Semoga Bapak husnul khatimah ya Mbak, mendapat ridha dan surgaNya.. aamiin

    BalasHapus
  30. Sama sepeerti Mbak Endah, saya juga kehilangan Bapak. Waktu itu saya masih kelas 3 SMP.

    BalasHapus
  31. Tak terasa pas baca tulisan ini mata saya burem Mbak Endah. Ada ygakan tumpah dari mata saya. DOA adalah jembatan bagi anak dan orang tua yang telah tiada.

    Punya kenangan Indah atau tidak punya kenangan sama sekali. Sama sama membuat mendung ya Mba. Saat kenangan itu muncul kembali, sedih karena sudah tidak bisa merasakan saat itu lagi.


    Saat tak ada kenangan yang tak bisa di ingat itu juga tidak nyaman, ada rasa rindu yang asing. Hehehe

    BalasHapus
  32. Semoga Almarhum Bapak bahagia di sana ya, Kak Endah....

    BalasHapus
  33. Siapa nich yg naro bawang disini,,,pagi2 dibikin mewek 😥,al fatiah

    BalasHapus

Posting Komentar