Sabtu, 27 Oktober 2018

Cara Membuat Paspor Baru Ataupun Perpanjang Paspor


Jaman sudah cangih, semua serba online jadi gak ribet dan tanpa calo pastinya



Paspor menjadi salah satu kebutuhan utama seorang traveller saat dia ingin travelling ke Luar Negeri, bahkan  sangat wajib di miliki warga Indonesia yang ingin pelisiran ke Luar Negeri. Paspor itu berbentuk seperti buku, yaa mirip-mirip buku nikah gitu.  Kecil dan bercover warna hijau berlambang Burung Garuda kebanggaan Bangsa Indonesia. Masa berlaku Paspor itu 5 tahun dari tanggal kita bikin paspor, bila sudah habis masa berlaku nya kita harus perpanjang atau bisa dikatakan penggantian ke paspor baru . Enam bulan sebelum  masa berlaku habis, kita sudah bisa untuk perpanjang paspor tersebut.


“Perpanjang paspor susahh gak sih?? Perpanjang paspor mahal gak sihh?? Pake ribet gak sih perpanjang paspor itu?? Kalau  ribet mending pake calo aja deh”

Mungkin itu semua yang buat kita bertanya-tanya saat binggung paspor  sudah  mau habis masa berlaku nya,  tapii tenang aja gaessss.... Aku punya solusinya !!

Penggantian atau perpanjang paspor hanya pakai KTP & Paspor Lama aja lohh gaess, gampang kan gak ribet..





Paspor aku habis masa berlakunya bulan Februari tahun 2019,  itu artinya dari bulan Agustus 2018 sudah bisa mulai di perpanjang atau penggantian  ke paspor  baru agar travelling nya makin mantabb, tapi aku baru di bulan September 2018 perpanjang paspor nya karna kouta Agustus full .

Imigrasi di Indonesia  Jaman Now  beda dengan Jaman Old,  waktu pertama kali aku bikin paspor 5 tahun lalu masih memakai sistem ambil nomor (sistem online masih belom booming)  dan antri di imigrasi dari pagi banget demi bisa dapat nomor untuk pembuatan paspor waktu itu.  Beda banget dengan  sekarang yang semua serba online,  gak ribet dan tanpa calo.  Mau  tau caranya???  Yukkk simak pengalamanku mengganti /perpanjang paspor:

Cara-cara ini kemaren aku lakukan saat ingin perpanjang paspor, tapi tidak hanya untuk perpanjang paspor saja. Untuk membuat paspor baru juga bisa kok, karna sistem dan caranya sama sebagai berikut :


  1.  Aplikasi Paspor Online

  • Pertama kali yang kamu lakukan adalah  mendownload  Aplikasi Paspor Online di Playstore  atau platform  lainnya lalu registrasi email seperti biasa. Lalu masuk kepilihan  kantor Imigrasi mana yang ingin jadikan  lokasi untuk perpanjang atau pembuatan paspor. Bila bacaannya full di kantor Imigrasi yang kamu  tuju, tenang saja kamu bisa coba di kantor Imigrasi lainnya yang masih ada qouta.  Setelah dapat tanggal  jadwal untuk ke kantor Imigrasi  , persiapkan semua dokumen untuk dibawa tanpa  ada yang  ketinggalan.  Untuk pembuatan Paspor Baru kamu bisa bawa KTP, Kartu Keluarga, Akte Lahir, Buku Nikah (yang sudah menikah) ataupun Ijazah.  Tetapi bila kamu ingin perpanjang paspor, kamu cukup bawa KTP dan Paspor Lama saja. Duh duh duhhh gampang banget kan..
 
yang di lingkarin merah itu aplikasi nya yang bisa kamu download , tapi siap-siap aja akan sering full terus

     2.  Datang Ke Kantor Imigrasi
  • Aku kemaren dapat kouta untuk perpanjang paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan yang alamatnya di Warung Buncit, padahal sih milih nya di Kantor Imigrasi Jakarta Barat tapi full kouta terus. Setelah mendapatkan jadwal untuk ke Imigrasi,  datanglah sebelum waktu yang di tentukan  karna kamu di sana harus antri ambil nomor dahulu. Eh tapii tenang ambil nomornya sudah cangih kok , kaya mesin atm gitu yang sudah ada nama kamu nya langsung sekalian di periksa dokumen yang kamu bawa sama petugas chek document gitu. Setelah dokument dinyatakan oke, bagi pembuat  paspor baru kamu akan  diminta isi data gitu di kerta selembar yang akan di berikan oleh petugas. Tapii karna aku hanya perpanjang paspor , jadi hanya diberikan  map untuk menaruh paspor lama ku saja tanpa menggisi data apapun juga dan setelah itu antriii dehh menunggu nomor kita di panggil.
 
Kantor Imigrasi Jakarta Selatan ini di pinggir jalan raya , depannya haalte busway kok jadi mudah untuk ke lokasi
   
     3. Wawancara dan Poto Untuk Paspor

  • Saat aku di kantor Imigrasi Jakarta Selatan antrian saat itu sangat panjang tapi petugas nya juga banyak,  jadi antrinya tidak begitu lama. Saat nomor aku di panggil, aku langsung  menuju meja yang disitu sudah disambut senyum manis oleh petugas wanita  Imigrasi Jakarta Selatan.  Saat aku bilang ingin perpanjang paspor, beliau bertanya “apakah di ganti ke E-Paspor atau tetap di Paspor Biasa 48hal ?”  Aku jawab aja, sama saja ke paspor biasa mbak seperti dulu. (untuk perbedaan E-Paspor dan Paspor biasa 48 Halaman, nanti aku jelasin di tulisan berbeda yaa). Sekarang fokus ke perpanjang paspor dulu xixixixi.. 
  • Saat sudah di meja petugas proses nya cepat sekali hanya sekitar 5-10 menit saja, karna hanya di poto dan wawancara ringan seperti bikin paspor mau kemana? oh iya saran aku, sebelum masuk ke meja petugas jangan lupa gincuan dulu ya buat para cewe biar makin cantikk di poto, ingett poto di paspor sampai 5 tahun kedepan hahahhaha
 
itulah fungsi utama dari daftar online karna semua sdh ada sistem, nama kita pun tercetak


     4.   Biaya Perpanjang Paspor ataupun Bikin Paspor Baru

Kertas yang dikasih oleh petugas imigrasi setelah wawancara, ini untuk kode saat kita bayar ke bank

    Setelah  selesai wawancaran dan poto untuk paspor,  petugas akan berikan  kita kertas selembar yang isinya nomor pendaftaran kita yang mana nomor itu fungsinya sebagai kode kita untuk bayar. Biaya perpanjang paspor Rp.355.000 (Tiga Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah), sama saja seperti  kalau  kita bikin paspor baru  biayanya juga segitu. Dapat dibayarkan ke semua Bank yang ada di Jakarta (karna saya di Jakarta ya kan), bisa dari ATM juga kok bayarnya. Tapii karna di kantor Imigrasi Jakarta Selatan lantai satu ada kantor cabang Bank , jadi saya bayar tunai di Bank itu tinggal  kasih kertas selembar yang petugas atas berikan saja. Setelah selesai bayar, teller bank nya bilang 3 (Tiga) hari kedepann paspor sudha bisa diambil ya bu Endah, bawa kertas ini lagi saat pengambilan paspor.

Nahh selesai sudah proses perpanjang atau penggantian Paspor lama kamu yang sudah habis masa berlakunya ke paspor baru untuk 5 tahun ke depan dan tiga hari setelah pembayaran sudah bisa diambil, tapi saya baru bisa hadir seminggu kemuudian.



Cara Pengambilan Paspor

Untuk prosesnya sih sama aja ya dengan saat pembuatan, yupz pakai antri ambil nomor lagi di counter lantai 2 sambil nunjukin bukti pembayaran kita tepat depan lift. Saran saya sih lebih enak diambil pagi aja paspor nya biar tidak nunggu lama, tapi saya datang siang dan itu kena antrian panjang pake banget hahhahaa

karna saya datang siang dapat nomor 6-267 sedangkan saat itu nomor masih 6--205 sayang yg ke potonya no yg 215 hahaa




Setelah nomor kita dipanggil langsung maju aja, bila kita menggambil atas nama pribadi tidak ditanya apa-apa langsung diberikan paspor baru dan paspor lama kita di kembalikan. Tapi bila kamu ambil paspor atas nama orang lain, kalau tidak salah tadi mintain surat kuasa dan KTP  si yang punya paspor.

Jangan lupa di chek dahulu sebelum bilang "terima kasih" ke petugas Imigrasi nya, apakah Paspor itu tepat milik kita. Mungkin ajaa poto nya berubah hahahhaa
poto nya tepat pipinya bulet, pertanda ini paspor punya saya hahahha





Setelah fix itu paspor saya , langsung deh turun lantai satu untuk pulang ke rumah. Saat berada di lift saya liat isi kertas paspor yang baru ini lucu, unik dan Indonesia banget. 
Setiap lembar kertas ada ciri khas dari Indonesia seperti poto orang utan, alat musik angklung, Macan Tutul, Burung Cendrawasi dan gambar lainnya sebanyak 48 halaman. Beda dangan paspor lama yang hanya lembaran kertas putih yang tidak bermotif alias kosong plong sekosong hati ini *eeaaaaa hahaha..


yes paspor baru dengan lembaran kertas yang menggambarkan Indonesia , Alhamdulillah ..




Paspor sudah di perpanjang nih,  yukk cuss kita kemanaa gaesss???
yang belum perpanjang paspor, silakan di perpanjang dulu yaaa..
gampang kan?? 
Gak ribett dan tanpa calo..
 
















4 komentar:

Okti Li mengatakan...

Wah pengalamannya bikin saya dan keluarga mau buat paspor juga.

Paspor TKI saya sudah habis dan entah kemana. Mending buat baru kali ya. Biar sekalian sama Fahmi dan ayahnya. Aduh kapan tapi ya...

Irni Irmayani mengatakan...

iya. perpanjang pasport emang mudah banget sekarang

Reyne Raea mengatakan...

Zaman sekarang emang apa2 serba di permudah ya, tapi herannya ada juga orang yang rela pakai calo.
Mungkin saking sibuknya kali ya :)

Relinda Puspita mengatakan...

Setahu aku, istilahnha memang penggantian paspor, Mbak. Karena nomornya pasti ganti.

Dream Come True!! Maldives, Iam Coming ..

Semua orang pasti punya mimpi untuk dirinya, kalau ditanya mimpi aku apa? Pasti jawabannya banyakk.  Yupz   aku pengen pergi Umroh, Pen...