Jumat, 14 September 2018

Pasumpahan Island : Surga Tersembunyi di Ranah Minang



Pasumpahan Island : Surga Tersembunyi di Ranah Minang

Sumatera Barat, yang terlitas dalam pikiran kita setelah mendengar kata Sumatera Barat pasti  Jam Gadang yang jadi ikonik dari kota Padang ibukota Sumatera Barat itu sendiri .   Begitu juga dengan saya, yang sebelum melakukan travelling ke Sumatera Barat tau nya hanya Jam Gadang ataupun Rumah Gadang  saja.

 07 September 2018 menjadi tanggal yang saya nantikan karena salah satu bucket list travelling saya terwujud. Yupz akhirnya saya menginjakan kaki saya di Tanah Minang yang sudah lama ada dalam bucket list ,  4 hari lamanya saya mengexplore Sumatera Barat  mulai dari kota Padang hingga kota Payakumbuh .   Hari terakhir di tanah Minang, saya bersama teman-teman mau main basah-basahan setelah 3 hari sebelumnya kita main panas-panasan hahahaha



SELAMAT DATANG DI PULAU PASUMPAHAN 

Pulau Pasumpahan , Pulau yang bikin susah Move-on


Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau yang berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang provinsi Sumatera Barat, berdasarkan Wikipedia Pulau Pasumpahan ini berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Tepat jam 09:10 pagi kami langsung menuju ke Pulau Pasumpahan dari penginapan kami, Hotel Hang Tuah yang depannya Plaza Andalas hehehehehe kalau mall mah inget aja . Perjalanan kurang lebih 1 jaman yang saya tempuh dari Hotel hingga ke Pantai Bungus untuk naik perahu menuju ke Pasumpahan Island.

Perjalanannya mulus banget, sisi kanan kiri mata kita akan di manjakan dengan pemandangan serba hijau yang jarang saya temuin di Jakarta. Saat sudah memasuki wilayah Bungus , kecepatan mobil harus di kurangin yaa guys, karna bakal banyak hewan yang berjalan di jalan tersebut, bahkan ada yang ngetem juga tepat di tengah jalan. Ingatt, jangan di tabrak !!

Jalur yang mulus seperti jalanan baru


Sampai lah kendaraan kami di Pantai Bungus , karna kami sudah booking perahu  jadilah kami langsung janjian sama Bapak Nelayan yang akan mengantarkan kami ke Pasumpahan Island . Oh iya bila kamu belom ada booking perahu, tidak usah khawatir karna saat kamu memasuki kawasan Bungus banyak lokasi yang siap nawarin untuk One Day Trip ke Pulau Pasumpahan. 

dimanapun tetep pose ketjee yaa kann haha

 

Surga Tersembunyi di Pulau Pasumpahan
  
WOW...
Itu yang saya ucapkan saat perahu sampai di Pulau Pasumpahan,  sambil menunggu teman yang lain turun dari perahu saya muterin badan tempat  saya berdiri diatas jembatan yang bawahnya langsung air pantai yang jernih.  Kanan – Kiri – Depan – Belakang  semua pemandangan yang bikin mata saya tidak berkedip , Sunggu Indah CiptaanMu Tuhan !

No Edit, No Filter .. @endahmarina


dijamin sejuk, se-sejuk kamu... @endahmarina


Suara desiran air pantai yang sangat khas memberikan ketenangan, angin sepoy-sepoy dari pohon kelapa yang tinggi melengkung membuat rasa panas siang itu terasa sejuk.  Hamparan pasir putih di bibir pantai menyatu dengan bening nya air , terlihat seperti tiga warna dalam pandangan di poto saya. Putih-Hijau-Biru menyatu menjadi indah ,  bersih nya pantai membuat kita ingin main air langsung merasakan sejuknya air di Pasumpahan Island. 

Meski matahari lagi terik, tapi kalau sudah kena air pantai mahh adem ajaa dah yaaaaa


Terdapat saung-saung di Pulau Pasumpahan yang bisa kita tempatin untuk makan ataupun menaruh barang saat kita main air, fasilitas yang berada di Pulau Pasumpahan juga kumplit seperti ada kamar bilas serta Musshola yang bersih untuk kita sholat. Namun saya tidak menemukan penginapan disini, saya tanya ke Pak Del, salah satu driver yang merangkap jadi guide tentang Pulau Pasumpahan ini, Beliau mengatakan  luas dari Pulau Pasumpahan  kurang lebih 4 sampai 6 hektar.  

 “Disini memang belom ada penginapannya endah, tapi kamu bisa gelar tenda (model kemping gitu) di sini bila kamu ingin bermalam di Pulau Pasumpahan seperti tenda itu” ucap Pak Del sambil nunjuk sebuah tenda yang jauh dari saung kami. 

“Oh iya endah dari sini juga dekat kok kalau mau ke pulau-pulau lainnya”  tambah Pak Del
“Berenang gitu pak?” tanya ku polos
“hahahaha naik perahu endah , masa berenang” jawab Pak Del dengan logat minang nya

 
percayalah model ini di bantu oleh pemandangan pulau Pasumpahan yang juara..

Ki-Ka = Endah - Wina - Memeh - Fika - Ayi - Dian - Novia = MozTrip


Setiap sudut di Pasumpahan Island jadi spot untuk poto kecee, saya bersama teman-teman selalu pasang pose termaniis untuk di poto eh bukan kami doang kok,  wisatawan lain pun banyak yang poto-poto mengelilingin Pulau Pasumpahan .

Rasa bersyukur saya semakin bertambah saat di Pulau Pasumpahan , terima kasih Ya Allah telah memberikan kesempatan saya untuk melihat Surga Tersembunyi di Ranah Minang ini.


Hi Pasumpahan, Aku jatuh cinta kepadamuuuu...


Saat uploud poto keseruan saya di Pulau Pasumpahan di IG saya @endahmarina (yuk di follow guys), teman saya yang asli orang Sumatera Barat komentar :

 “mampir ke Pulau Sirandah kak, letaknya di belakang Pulau Pasumpahan.  Kami orang Minang bilangnya Pulau Sirandah itu Maldive nya Sumatera Barat kak Endah ” 
  dan saya hanya bales komentarnya
 “Kompor” dengan icon ketawanangis banyak hahahhahahaha


Langsung terlintas dalam pikiran saya, kalo Pulau Pasumpahan aja bagi saya sudah wowww banget apalagi Pulai Sirandah yaa?????


Pasumpahan Island




13 komentar:

Okti Li mengatakan...

Aduuh ini reportase perjalanan BM ya? Sayang banget saya ga bisa ikut, soalnya ga bisa ajak suami sih. Sementara saya kan maunya anak juga ikut.

Semoga ada trip BM lagi yang boleh ajak keluarga.

Git Agusti mengatakan...

Pantai dengan pasir putihnya itu yang bikin penasaran. Semoga suatu hari bisa mengunjungi Ranah Minang, yang duluan dikunjungi pasti Pasumpahan Island.

Fillyawie mengatakan...

Keren banget pemandangannya, sayang belum ada penginapan ya. Ngeri juga kalau kemping, aku anaknya penakut 😂.

Feriyana Sari mengatakan...

Knapa saya selalu mupeng yaa kl baca & liat tulisan jln2 kayak gini. Lbh tepatnya sih, ngiri. Kapan saya bisa jln2nya... *hahaa..

Annafi mengatakan...

Ya Allah cakep banget pemandangannya! Jadi pingin ke sana, mbak asyik ya jalan-jalan 😀 aku jadi pingin hihi

Natara mengatakan...

Jadi kepengen liburan juga nih... Asli indah banget ya...

Tika Samosir mengatakan...

Kalau mau trip lagi ajakin aku dong mba... Asli pengen banget nginjak kaki di minang ini. Apalagi makan khasnya rendang gak nahan.

Ety Abdoel mengatakan...

Bersih banget pantainya. Air dan langitnya biru, cantik pula.
Semoga terus terawat.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Aku mau..mau kemping di situ..gelar tenda boleh aja enggak ada penginepan soalnya
Pasumpahan aku sukaaaa!!

Lina W. Sasmita mengatakan...

Ya Allah, cakep banget Mbak pulau, pantai, langit, dan pemandangan semuanya di sana.

Faridilla Ainun mengatakan...

huaaaa, cakep banget. Thanks for sharing mba. Bisa jadi referensi tempat yang bakal dikunjungi nanti kalau mudik lagi ke tempat suami.

Nia Haryanto mengatakan...

Bener, cakep banget.

Endah marina mengatakan...

Awalnya saya pun gak menggira kalo pantai di pasumpahan ini wow banget . Wajib ke sini mas git kalo travelling ke Minang

Acer Predator Helios 300 Menjawab Kebutuhan Pecinta Gaming

Siapa sih yang gak kenal dengan brand ACER ?? Produk-produk nya sudah banyak kita temukan dimanapun, baik dari Laptop, Lcd Monitor ...