Rabu, 23 Mei 2018

FAKTA DIBALIK JEJAK KEJAYAAN INDONESIA



Indonesia merupakan bangsa yang besar , terdiri dari 17.504 pulau serta 734 bahasa.  Terbentang dari Sabang sampai Merauke, dengan ragam suku yang berbeda-beda.  Ibu saya berasal dari Suku Jawa dan Bapak saya Suku Betawi, saya bangga menjadi orang Indonesia yang memiliki banyak kultur di dalamnya.

Belitung, salah satu pulau yang indah di Indonesia dengan pantainya. (dokpri)

Panorama Alam dan kuliner Indonesia menjadi bukti nyata betapa kayanya Indonesia, untuk alamnya saja semakin ke Timur semakin cantik alam Indonesia.  Ungkapan nenek moyang dahulu “ Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Raharjo” menggambarkan betapa kaya raya alam Indonesia ini. Seharusnya sebuah bangsa yang memiliki kekayaan yang melimpah, mampu menjadi bangsa yang besar dan makmur sentosa , namun faktanya itu semua hanya jejak kejayaan Indonesia masa lampau.



Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 110 yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2018, saya beserta teman-teman blogger lainnya hadir dalam diskusi tentang Takdir Kejayaan Indonesia  yang di prakasai oleh Sembutopia di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan . Dengan tema “Indonesia 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan”

Poto by Twitter




Pak Kafi Kurnia, salah satu pendiri Sembutopia mengatakan tujuan Indonesia 2020 untuk memotivasi kita semua agar ikut berpartisipasi mewujudkan sebuah Visi untuk Indonesia. Dengan harapan para pemimpin Indonesia bisa menjalankan visi tersebut dan menghantar Indonesia ke takdir kejayaan nya.


Para Blogger bersama Pak Kafi (poto by WAG)


Seperti yang saya jelaskan di awal, Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan alam dan kulinernya. Untuk alam nya saja kita Indonesia memiliki Gunung & Pantai dengan pemandangan yang cantik. Begitupun dengan kulinernya, setiap kota di Indonesia memiliki kuliner khas masing-masing yang berbeda-beda tentunya. Tapi tau kah kamu, ada 5 kuliner Indonesia yang menjadi Jejak Kejayaan pada abad-abad sebelumnya yang kaya akan rasa. Berikut ulasannya :

1. Rempah-rempah
Rempah-rempah salah satu kekayaan Indonesia (poto by google)

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang suka main di dapur (masak), pasti sangat suka dengan rempah-rempah. Yes rempah-rempah bikin masakan semakin sedap, tapi dibalik itu semua ternyata rempah-rempah menjadi salah satu jejak kejayaan Indonesia.  Saya jadi ingat dengan pelajaran sejarah yang saya dapatkan waktu duduk di bangku SLTP , VOC  melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia. Sebab Indonesia memiliki jalur rempah-rempah yang sangat kaya sejak abad ke 6. 

2. Ikan asin
Ikan asin itu banyak jenisnya ya guys, tapi ini favorit aku (dokpri)


Siapa disini yang suka ikan asin?? Berbanggalah kita yang suka ikan asin karna ikan asin salah satu kuliner Indonesia yang mendunia. Bila di Indonesia biasa diolah menjadi nasi goreng ikan asin atau di goreng begitu aja dicocol sambel, nahhh di Italia ikan asinn di olah menjadi Pizza. Tidak heran ikan asin begitu mempesona untuk orang luar, karna ikan asin itu sesungguhnya kaya akan cita rasa umami


3.  Sambel 
Sambel terasi yang bikin boros nasi (dokpri)


Bagi pecinta pedas pasti setuju kalau saya bilang sambel Indonesia itu juara, serta banyak macamnya. Ada sambel mentah, sambel mateng, sambel terasi, sambel mangga dan jenis sambel lainnya yang bahan utamanya cabai.

4.      4. Kerupuk
Ini kerupuk dari Semarang loh, beda ya dengan krupuk di Bangka ataupun Jakarta . (dokpri)

Hanya indonesia yang mempunyai jenis krupuk yg bervariasi, bila di Bangka terkenal dengan krupuk ikan ataupun udang , beda dengan di Semarang yang punya kerupuk kendar . Oh iya krupuk sudah ada jauh dari sebelum saya lahir tau, bahkan kerupuk sudah ada sejak abad ke-6...

5.      5.  Tempe
Tempe pavorit paksu yang mendunia

Makanan ini terbuat dari kacang kedelai yang di fermentasikan dan dapat diolah menjadi masakan apapun. Tempe sudah mendunia loh , saya pernah liat berita tv kalau di luar negri ada yang jualan tempe. Sebagai orang Indonesia saya bangga, yuk kita makan tempe.

Yuk bersama-sama mengembalikan kejayaan Indonesia


Kita sebagai anak jaman sekarang harus bangga dengan negara kita sendiri yaitu Indonesia , khususnya dalam bidang kuliner. Warisan kuliner yang kita punya dari nenek moyang harus kita lestarikan, supaya tidak diaku oleh negara lain. Itu semua menjadi bukti nyata, Kuliner ada di balik fakta jejak kejayaan Indonesia.



 

8 komentar:

uni dzalika mengatakan...

banyak ya kekayaan Indonesia dn warisan budaya ini harus tetap dilestarikan sampai seterusnya

uni dzalika mengatakan...

banyak ya kekayaan Indonesia dn warisan budaya ini harus tetap dilestarikan sampai seterusnya

OnoSemblang mengatakan...

Hidup ikan asin, tempe, sambel, krupuk, kecap manis dkk nya !!!!

Ayi Prima mengatakan...

Saya bangga makan tempe. Di luar negeri, tempe itu termasuk makanan mahal. Kandungan protein dalam tempe juara banget.

Uci mengatakan...

Saya yakin Indonesia bisa mewujudkan Takdir Kejayaan 2020, hal pertama yang kita harus lakukan adalah mengkonsumsinya di keluarga kita dahulu.

Kontengaptek mengatakan...

Indonesia negriku tercinta dengan segala kekayaan alamnya..

Kita harus jaga dan lestarikan negri ini..

Kontengaptek mengatakan...

Indonesia negriku tercinta dengan segala kekayaan alamnya..

Kita harus jaga dan lestarikan negri ini..

Kontengaptek mengatakan...

Indonesia negriku tercinta dengan segala kekayaan alamnya..

Kita harus jaga dan lestarikan negri ini..

Ayo Dukung Industri 4.0 Kemenperin Dengan Makanan Dalam Negeri

  Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Perindustrian terus melakukan inovasi   dan perubahan dalam Industri 4.0 salah satunya dengan In...