Kuliner Menggoda Di Yogyakarta

Masih dalam euforia Piknik Goes to Yogyakarta 25 - 27 November 2016 bersama Detik Travel .
Tidak afdol rasanya bila di Yogyakarta tidak bahas makanan, ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Yogyakarta dan baru tau makanan khas Yogya itu setelah di browsing ternyata banyak banget.
Namun hanya 3 jenis kuliner yang saya temukan selama di Yogyakarta:
1. Gudeg Yu Djum



Pertama kali mengenal Gudeg Yu Djum dihari pertama piknik saat makan siang , jujur saya tidak begitu suka dengan gudeg. Namun setelah saya cicipin gudeg yu djum kok beda ya , manis rasa gudeg nya pas dicampur dengan rasa pedas dari krecek nya. Dipadukan dengan sepotong daging ayam kampung beserta telor bulet dengan bumbu khas ala yu djum. Semua itu membuat saya ketagihan dengan gudeg yu djum sampai beli untuk oleh-oleh di hari terakhir piknik.

 

2. Jadah Tempe

Bagi yang sudah sering ke Yogyakarta mungkin sudah tidak asing dengan makanan bernama Jadah Tempe, tapi bagi saya yang baru pertama kali ke Yogyakarta nama makanan ini sangat aneh. Saat d'traveler mengexplore Bungker Kaliadem di hari ke-2 piknik, hujan deras yang turun membuat semua d'traveler mencari tempat untuk berteduh dan disana memang banyak warung tenda yang berjualan seperti mie rebus dan aneka makanan cemilan lainnya. Tepat dimeja saya melihat makanan yang baru pertama kali saya liat , dibungkus daun pisang dan tengahnya adalah tempe yang di olah seperti bacem. benar sekali itulah Jadah Tempe yang saya bahas di atas, tanpa ragu saya membuka satu dan memakanya. rasanya legit seperti lemper namun ini ukuran jumbo nya. perpaduan ketan campur santan di isi tengahnya dengan tempe.




3. Wedang Gedang

Mendengar nama Wedang pasti tidak jauh dari jahe , iyaa betul karna minuman ini terbuat dari rebusan air jahe . gak usah ditanya manfaatnya apa yaa guys , karna sudah pasti sangat hangat diminum apalagi saat hujan turun. Selain Jedah Tempe, saya juga memesan minuman Wedang. Namun kali ini saya dibuat penasaran dengan isi menu Wedang Gedang , Gedang dalam bahasa Indonesia berarti Pisang. so Wedang gedang adalah wedang pisang alias air jahe di campur pisang. keraguan saya akhirnya terbayar dengan rasa wedang gedang yang membuat saya ketagihan. Hangat nya dari air wedang bercampur dengan manisnya pisang sangat klop. Hemm akan saya praktekin dirumah karna biasanya saya hanya buat air jahe saja.



Akhir kata saya masih belom puas ke Yogyakarta khususnya masih banyak Makanan khas Yogya yang belom saya cicipin .. Next years trip yogyakarta again..aamiin
D'traveleeerrr... jalan jalann terussss


 

 

Komentar

  1. Aku pernah makan gudeg Yu Jum di deket Museum Gunung Merapi tuh. Enak rasanya, nikmat makan lesehan dan kayaknya pengen nambah terus hahaha. Minumnya cukup teh tawar panas udh yummy bangeeed.

    BalasHapus
  2. Jogja emang ngangenin kalo kulinernya ya mba. Tp untuk gudeg aku lbh seneng gudeg bu hj amad. Krn ga terlalu manis dan cendrung gurih pedas :D.. Jadah tempe aku blm coba nih. Kapan2 lah kalo ksana lagi

    Tp yg bikin aku kangen itu oseng mercon yu narti.. Mantap gila pedasnya wkwkwjwj

    BalasHapus
  3. Gudeg Yu Djum enaaak. Aku pernah coba waktu wisata kuliner di Jakarta. Sayangnya porsi cuma sedikit, malah banyak yang ga kebagian.

    BalasHapus

Posting Komentar